SOLOPOS.COM - Satu unit truk ekspedisi terbakar hebat di Simpang Empat Siliwangi masuk Desa Grudo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Jumat (21/6/2024).(Istimewa/warga)

Solopos com,NGAWI – Satu unit truk ekspedisi terbakar hebat di Simpang Empat Siliwangi masuk Desa Grudo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Jumat (21/6/2024). Akibatnya, muatan berupa barang paket tersebut ludes terbakar.

Peristiwa itu terjadi tepat di simpang empat Siliwangi sekitar pukul 23.30 WIB. Saat itu, truk ekspedisi berpelat nomor AG 8160 RT itu melaju dari arah Solo menuju Maospati.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sesampainya di Lampu Merah Siliwangi tercium bau menyengat dan kepulan asap dari bagian atas truk.

Pengemudi truk paket, Siswanto, 44, warga Desa Kresikan, Kecamatan Tanggunggunung, Tulungagung itu lantas menepikan kendaraannya untuk mengecek muatan.

Setelah dibuka penutupnya, api lalu membesar dan menghanguskan isi muatan truk ekspedisi tersebut.

“Saat itu kami berhenti di lampu merah tiba-tiba tercium bau menyengat dan kepulan asap dari atas truk. Akhirnya kami buka terpal dan tiba-tiba api langsung membesar,” katanya.

Siswanto mengungkapkan, dirinya hendak mengantarkan paket-paket itu dari Jakarta menuju Surabaya. Paket yang ia bawa beraneka ragam diantaranya berupa barang elektronik, parfum, pakaian, serta dinamo.

“Ini paket saya ambilnya dari Jakarta dan dibongkar di Surabaya. Kalau muatan yang banyak berupa power bank, parfum, barang elektronik dan ada dinamonya juga,” ungkapnya.

Meski demikian, Siswanto juga tidak bisa memastikan asal muasal sumber api itu. Hanya ketika ia mengecek muatan, terdapat beberapa kali ledakan yang bersumber dari bagian tengah truk.

“Api kelihatannya berasal dari tengah dari bawah. Tapi tidak tahu pastinya karena ketika saya buka penutup terpalnya itu sempat ada beberapa kali ledakan,” paparnya.

Sementara itu, petugas Pemadam Kebakaran Ngawi Heri Santoso mengatakan, setelah mendapatkan laporan pihaknya langsung bergegas ke lokasi kejadian dengan menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran.

Sesampainya di lokasi, api masih membumbung tinggi menghanguskan isi truk ekspedisi itu.

“Tadi kami dapat laporan dari Call Center bahwa ada truk ekspedisi yang terbakar di Ring Road Barat Ngawi dan kami langsung meluncur dengan dua mobil pemadam. Sesampainya di lokasi api masih menyala, dan langsung kami lakukan upaya pemadaman,” ujarnya.

Api berhasil dipadamkan dengan bantuan dua unit mobil pemadam kebakaran dan tiga tanki air. Heri mengungkapkan tidak ada hambatan dalam upaya pemadaman lantaran lokasi kejadian dengan posko Damkar Ngawi relatif dekat.

“Kami kerahkan dua unit mobil damkar namun 3 tanki yang kita butuhkan untuk memadamkan api serta melakukan pembasahan,” tandasnya.

Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini. Namun, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Sementara untuk penyebab pasti kejadian ini masih ditangani oleh pihak kepolisian untuk dilakukan pendalaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya