SOLOPOS.COM - Desa Wisata Adat Osing Kemiren di Kabupaten Banyuwangi. (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, BANYUWANGI – Salah satu desa wisata di Jawa Timur yang masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 adalah Desa Wisata Osing Kemiren. Desa wisata ini berlokasi di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

Mengutip dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Osing Kemiren ini memiliki luas 177.052 hektare. Desa ini dinamakan Kemiren karena banyak terdapat pohon kemiri. Sedangkan penduduk yang tinggal di desa ini sebagian besar merupakan masyarakat suku Osing. Osing sendiri merupakan suku asli Kabupaten Banyuwangi.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Desa Wisata Osing Kemiren ini menjadi bagian dari kawasan Ijen Geopark. Desa ini memiliki berbagai budaya yang unik, mulai dari adat istiadat, bahasa, menuskrip, kesenian, tradisi lisan, ritus, pengetahuan, teknologi, dan permainan tradisional.

Desa Wisata Osing Kemiren menawarkan banyak macam atraksi wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Salah satunya adalah kawasan Rumah Adat Osing, di sini pengunjung dapat menikmati keindahan arsitektur suku Osing. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar secara langsung ragam budaya suku Osing seperti membatik, menyangrai kopi khas Osing, memasak kuliner tradisional, bahkan mempraktikkan tarian dasar Tari Gandrung asal Banyuwangi.

Ditambah lagi, Desa Wisata Osing Kemiren juga kerap mengadakan penampilan dari berbagai kesenian dan adat asli suku Osing, seperti Barong Ider Bumi yang diadakan setahun sekali dan berbagai macam musik tradisional.

Fasilitas yang tersedia demi kenyamanan pengunjung di Desa Wisata Osing Kemiren sangat lengkap. Di sekitar area desa telah tersebar Wi-Fi, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir mengenai jaringan internet selama kunjungan. WC umum serta musala juga telah dipersiapkan oleh pihak pengelola.

Bagi mereka yang inging menetap sementara di Desa Wisata Osing Kemiren, terdapat banyak sekali homestay dengan arsitektur khas suku Osing sebagai tempat beristirahat. Keramahan warga setempat juga akan membuat pengunjung nyaman dan meninggalkan kenangan positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya