SOLOPOS.COM - Desa Wisata Dewi Anom yang berlokasi di Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. (Istimewa/jadesta.kemenparekraf.go.id)

Solopos.com, MALANG – Desa Wisata Dewi Anom yang berlokasi di Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, menjadi salah satu nominator 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Ajang yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu menempatkan empat desa wisata di Jawa Timur masuk dalam 50 besar desa wisata ADWI 2024. Empat desa wisata itu adalah Desa Wisata Gunungsari di Kabupaten Madiun, Desa Wisata Adat Osing Kemiren di Kabupaten Banyuwangi, Desa Wisata Dewi Anom di Kabupaten Malang, dan Desa Wisata Sempu di Kabupaten Kediri.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Mengutip jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Dewi Anom ini terletak pada ketinggian 850 meter dari permukaan laut dan memiliki rata-rata suhu yang relatif sejuk dari 14 derajat Celcius hingga 23 derajat Celcius.

Desa Wisata Dewi Anom memiliki banyak potensi menarik yang ditawarkan kepada wisatawan. Salah satunya adalah wisata alam. Potensi wisata alam di Dewi Anom pun beragam, mulai tubing di sungai, wisata offroad mengelilingi Desa Wringinanom, camping dan outbound, hingga wisata jelajah Gunung Bromo dan Air Terjun Saripan.

Wisata alam bukanlah satu-satunya yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke Desa Wisata Dewi Anom. Wisatawan dapat belajar mengenai banyak hal seperti merajut sandal dari eceng gondok, budidaya berbagai macam tanaman mulai dari selada air hingga jeruk dan bunga krisan, serta edukasi mengenai mainan tradisional.

Selain itu, terdapat juga berbagai wisata budaya yang terdiri dari karawitan, wayang kulit, serta tarian-tarian seperti Bantengan, Tari Beskalan Putri, dan Tari Jaran Pegon.

Di desa wisata ini juga terdapat fasilitas homestay dan tempat penginapan lain yang disediakan warga sekitar. Fasilitas ini tentu sangat penting bagi wisatawan yang ingin menikmati malam di desa wisata itu.

Di Desa Wisata Dewi Anom juga dilengkapi berbagai fasilitas umum, seperti kamar mandi, toilet umum, tempat ibadah, WiFi, dan tempat makan. Bagi wisatawan yang ingin membeli souvenir juga tersedia, seperti kerajinan sandal, rajutan, dan beragam makanan khas seperti es pensil dan beragam oalahan selada air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya