SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemilu. (freepik)

Solopos.com, MADIUN – Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada November 2024 dipastikan berkurang dibandingkan saat Pileg dan Pilpres 2024 lalu.

“Saat ini kami melaksanakan pemetaan TPS untuk pilkada serentak, dan untuk pemilih per TPS ada sekitar 800-an orang sehingga berdampak pada berkurangnya jumlah TPS yang dibutuhkan,” ujar Ketua KPU Kabupaten Madiun Ali Nur Wahyudi, Senin (10/6/2024).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Berdasarkan aturan, jumlah pemilih di setiap TPS pada Pilkada 2024 dibatasi maksimal 800 orang. Hal itu lebih banyak dibanding saat Pemilu 2024 yang ditentukan 300 pemilih per TPS.

Dengan demikian, kondisi tersebut membuat jumlah TPS yang dibutuhkan untuk Pilkada 2024 di Madiun berkurang signifikan dibandingkan Pemilu 2024.

Sesuai data, jumlah TPS saat pemilu serentak di Kabupaten Madiun mencapai 2.253 TPS yang tersebar di 15 kecamatan. Jumlah tersebut diperkirakan berkurang tinggal menjadi sekitar 1.600-an TPS saat pilkada nanti.

Menurut dia, jumlah TPS tersebut baru bisa dipastikan setelah KPU Kabupaten Madiun melakukan tahapan pencocokan dan penelitian data atau “coklit”.

“Saat ini divisi data dan informasi menunggu hasil rapat koordinasi di Jakarta terkait penyusunan TPS dan jadwal coklit,” katanya yang dikutip dari Antara.

Pihaknya juga masih menunggu data acuan tahapan coklit, yaitu data DP4 Kabupaten Madiun dari KPU RI yang belum diterima.

Karena belum dapat memastikan jumlah TPS, maka pihaknya juga belum bisa mengajukan jumlah kebutuhan pantarlih yang bertugas melakukan coklit.

Namun sesuai tahapan, proses seleksi pantarlih rencananya berlangsung pada Juni 2024 yang hanya dibutuhkan tes administrasi dan kesehatan.

“Yang pasti sesuai tahapan, bulan ini ada rekrutmen pantarlih untuk mencoklit DP4. Terkait dengan kebutuhan formasinya dan kapan pelaksanaannya masih menunggu penetapan TPS,” kata Ali Nur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya