SOLOPOS.COM - Bunga sedap malam di Kabupaten Pasuruan. (Istimewa/pasuruankab.go.id)

Solopos.com, PASURUAN – Bunga sedap malam menjadi salah satu flora khas yang menjadi identitas provinsi Jawa Timur. Bunga ini banyak ditanam masyarakat di berbagai daerah di Jawa Timur.

Bunga sedap mala mini diresmikan sebagai flora identitas Jawa Timur melalui Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 48 tahun 1989. Sebagai flora khas, ada beberapa fakta unik terkait bunga sedap mala mini:

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

  1. Berasal dari peradaban Aztec

Dikutip dari p2k.stekom.ac.id, bunga sedap malam diperkirakan berasal dari peradaban Aztec yang kini merupakan bagian dari negara Meksiko. Mereka mengenal tanaman tersebut dengan nama omixochitl, yang memiliki arti “bunga tulang”. Bunga sedap malam banyak ditemukan di negara beriklim tropis maupun sub tropis. Bunga ini termasuk tanaman sekulen yang mampu menyerap banyak air.

  1. Berbau mistis

Bagi mereka yang percaya dengan hal-hal yang berbau supranatural, bunga sedap malam adalah tanaman yang sempurna untuk dijadikan sebagai hiasan di pekarangan rumah mereka. Menurut berbagai sumber, bunga ini memiliki banyak kaitan dengan hal-hal mistis.

Konon, bunga sedap malam dapat menarik perhatian makhluk halus dan aroma sedap malam kerap dijadikan salah satu pertanda adanya hal gaib. Selain itu, bunga ini dipercaya sebagai penangkal sihir jahat serta menciptakan aura yang menenangkan.

  1. Banyak ditanam di Kabupaten Pasuruan

Berdasarkan buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2024 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Timur, flora identitas Jawa Timur ini tergolong tanaman hias yang paling banyak ditanam di seluruh provinsi, dengan total produksi terhitung sebanyak 76.852.170 tangkai pada tahun 2023.

Dari puluhan jutaan tangkai yang telah dipetik di Jawa Timur, sebagian besar berasal dari Kabupaten Pasuruan. Sebanyak 76.541.694 tangkai bunga sedap malam dipetik dari Pasuruan.

  1. Bisa untuk obat

Selain digunakan sebagai dekorasi atau bahan pewangi layaknya bunga-bungaan pada umumnya, bunga sedap malam ternyata juga dapat digunakan sebagai bahan masakan.

Disadur dari halodoc.com, bunga sedap malam juga memiliki berbagai khasiat bagi tubuh, seperti menyembuhkan bisul, meningkatkan kinerja peredaran darah, mencegah anemia, memperkuat sistem imun, dan mengusir radikal bebas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya