SOLOPOS.COM - Aktivitas wisata di Desa Wisata Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. (Istimewa/jadesta.kemenparekraf.go.id/)

Solopos.com, KEDIRI – Empat desa wisata di Jawa Timur dinyatakan masuk 50 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Salah satunya Desa Wisata Sempu yang ada di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri.

Selain Desa Wisata Sempu, tiga desa wisata di Jatim yang lolos 50 besar ADWI 2024 adalah Desa Wisata Gunungsari di Kabupaten Madiun, Desa Wisata Adat Osing Kemiren di Kabupaten Banyuwangi, dan Desa Wisata Dewi Anom di Kabupaten Malang.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dikutip dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Wisata Sempu terletak di kawasan lereng Gunung Kelud. Sehingga desa wisata ini memiliki keindahan alam yang mempesona.

Di Desa Wisata Sempu, wisatawan bisa menikmati atraksi budaya. Ada empat sanggar seni yang dapat ditemukan di desa ini, yakni Sanggar Seni Kridho Manggolo, Sanggar Seni Eko Joyo, Sanggar Seni Satriyo Wijoyo Putro, dan Padepokan Soka Lima.

Setiap sanggar seni menawarkan berbagai kesenian yang berbeda, mulai dari tari-tarian asal Jawa Timur, wayang, hingga musik campursari.

Tempat ini juga menawarkan pengalaman yang seru dengan menikmati hidup layaknya warga lokal. Pengunjung bisa tinggal di desa ini beberapa hari untuk mengenal lebih dekat budaya dan tradisi yang berlaku di masyarakat setempat.

Bukan hanya itu, ada juga pasar tradisional yang hanya buka pada hari tertentu di desa wisata ini. Setiap satu tahun sekali, ada acara budaya kontemporer seperti battle sound system.

Meski menjual wisata budaya, namun pengunjung juga bisa menikmati objek wisata lain di Desa Wisata Sempu. Seperti edukasi mengenai produk agrikultur nanas, anggrek, madu, susu sapi, sayuran hidroponik, dan kambing.

Nanas merupakan salah satu buah unggulan di Desa Sempu. Produk nanas juga telah dikreasikan menjadi berbagai olahan, seperti sari nanas, nanas bakar, hingga sambal nanas.

Pengunjung yang ingin menikmati wisata alam juga bisa banget di Desa Sempu. Paket wisata yang ditawarkan, seperti Wisata Sempu Exotic Park, jelajah alam naik jeep atau sepeda motor trail, mendaki Gunung Kelud, dan mengunjungi bukit Goa Naga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya