SOLOPOS.COM - Ilustrasi petani rambutan. (Freepik)

Solopos.com, NGAWI – Rambutan merupakan salah satu jenis buah-buahan dari daerah tropis yang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Jenis buah yang memiliki kulit berambut ini pun banyak jenisnya.

Rambutan merupakan buah musiman yang hanya bisa ditemukan saat musim panen saja. Biasanya waktu panen buah ini antara Desember hingga Februari, hal itu tergantung pada curah hujan di setiap daerah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Jawa Timur menjadi salah satu penghasil buah rambutan terbesar di Indonesia. Hampir seluruh kota dan kabupaten di Jatim bisa ditanami buah yang memiliki rasa manis dan berair ini.

Berikut ini lima daerah di Jatim yang menjadi penghasil buah rambutan terbanyak berdasarkan buku Provinsi Jawa Timur Dalam Angka 2024 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim.

  1. Kabupaten Jember

Daerah penghasil buah rambutan terbanyak di Jawa Timur jatuh pada Kabupaten Jember. Di kabupaten ini, pada masa panen 2023 berhasil memanen rambutan sebanyak 301.914 kuintal. Namun, hasil tersebut sebenarnya menurun dibandingkan hasil panen pada tahun 2022 yang mencapai 471.975 kuintal buah rambutan.

  1. Kabupaten Blitar

Kabupaten Blitar menjadi daerah yang menghasilkan buah rambutan terbanyak kedua di Jawa Timur. Pada 2023, Blitar sanggup memanen sebanyak 150.095 kuintal buah rambutan. Angka ini justru naik dibandingkan hasil panen pada tahun sebelumnya yang hanya 106.639 kuintal rambutan.

  1. Kabupaten Ngawi

Posisi ketiga ditempati Kabupaten Ngawi. Kabupaten yang berada paling ujung barat provinsi Jawa Timur ini pada 2023 berhasil memanen sebanyak 102.702 kuintal buah rambutan.

  1. Kabupaten Probolinggo

Kabupaten Probolinggo menjadi daerah dengan hasil panen buah rambutan terbanyak keempat di Jawa Timur. Pada 2023, Probolinggo berhasil mencatat hasil panen sebanyak 80.282 kuintal rambutan. Namun, hasil panen tersebut tergolong turun jika dibandingkan pada hasil panen tahun sebelumnya yang mencapai 130.492 kuintal buah rambutan.

  1. Kabupaten Pasuruan

Penghasil buah rambutan terbanyak kelima di Jawa Timur adalah Kabupaten Pasuruan. Pada 2023, kabupaten ini berhasil mencatatkan hasil panen rambutan sebanyak 69.032 kuintal. Angka ini turun dibandingkan hasil panen pada tahun sebelumnya yang mencapai 87.759 kuintal buah rambutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya