SOLOPOS.COM - Mantan Bupati Jember Faida menerima cinderamata patung banteng dari Sekretaris DPC PDIP Jember Widarto usai mengembalikan berkas pendaftaran di Kantor DPC setempat, Rabu (15/5/2024) sore. (ANTARA/HO-PDIP Jember)

Solopos.com, JEMBER – Tiga orang tokoh mengembalikan berkas pendaftaran bakal calon bupati dan calon wakil bupati untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Jember 2024 di DPC PDI Perjuangan setempat, Rabu (15/5/2024).

Tiga tokoh yang mengembalikan berkas pendaftaran bakal calon bupati dan calon wakil bupati itu adalah mantan Bupati Jember, Faida; mantan Kepala Dinas Pendidikan Jember, Ahmad Sudiono; dan anggota DPRD Jember, Hadi Supa’at. Ketiga orang itu menyerahkan berkas pendaftaran sehari sebelum waktu pengembalian berkas di PDIP ditutup pada Kamis (16/5/2024).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Hari ini ada tiga kandidat yang menyerahkan berkas pendaftaran kepada Tim Penjaringan Pilkada yakni Hadi Supa’at, Ahmad Sudioono dan Faida,” kata Sekretaris DPC PDIP Jember, Widarto.

Menurut dia, semua calon yang sudah mengambil dan mengembalikan formulir diharapkan mengikuti tahapan penjaringan pilkada yang dilakukan oleh DPC PDIP, kemudian penyaringan di DPD PDIP Jatim hingga ke DPP PDIP.

“Semua calon kami berlakukan sama, termasuk kader internal partai harus mengikuti tahapan sesuai dengan ketentuan. Semua calon harus mengikuti tahapan hingga nantinya ada rekomendasi yang turun dari DPP PDIP,” kata dia yang dikutip dari Antara.

Dia menjelaskan sebanyak delapan calon yang telah mengambil formulir pendaftaran cabup-cawabup pilkada Jember di Kantor DPC PDIP, namun sudah ada tujuh calon yang mengembalikan berkas pendaftaran.

“Berdasarkan tahapan penjaringan DPC PDIP Jember, batas akhir pengembalian formulir pendaftaran bacabup dan bacawabup ditunggu hingga besok [16/5/2024],” katanya.

Delapan orang yang mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di Sekretariat DPC PDIP Jember yakni Bupati Jember Hendy Siswanto, mantan pejabat Kementerian PUPR Nanang Handono Prasetyo dan anggota DPRD Jatim Muhammad Fawait (Gus Fawait), ketiganya mendaftar bacabup.

Kemudian lima orang lainnya, yakni Kepala Desa Silo Kamiludin (bacawabup), anggota DPRD Jember Hadi Supa’at (bacawabup), mantan Kepala Dinas Pendidikan Jember Achmad Sudiono (bacabup), Wakil Ketua DPRD Jember Agus Sufyan (bacawabup), dan mantan Bupati Jember Faida (bacabup).

“Yang belum mengembalikan tinggal satu orang yakni Kepala Desa Silo, Kamiludin, sehingga kami akan menunggu hingga besok Kamis (16/5),” ujarnya.

Sementara mantan Bupati Jember Faida yang sebelumnya pada Pilkada 2020 maju melalui calon perseorangan mengaku pada Pilkada 2024 didorong oleh beberapa partai politik untuk maju kembali dalam perhelatan Pilkada 2024.

“PDIP salah satu partai yang pernah mengusung saya pada Pilkada 2015, sehingga saya merasa perlu untuk mendaftar kembali ke PDIP pada Pilkada 2024,” katanya.

Ia mengatakan dirinya telah mendaftar di semua partai politik yang membuka pendaftaran pilkada yakni PDIP, PKB, Partai NasDem, Partai Golkar, PKS, dan rencananya akan mendaftar juga di PPP yang akan membuka pendaftaran pilkada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya