SOLOPOS.COM - Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Asrilia Kurniati-Satria Wicaksono mendaftarkan diri ke kantor KPU Kota Surabaya untuk maju pada pilkada setempat melalui jalur perseorangan, Minggu (12/5/2024). ANTARA/Ananto Pradana

Solopos.com, SURABAYA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menerima pendaftaran pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya melalui jalur perseorangan Asrilia Kurniati dan Satria Wicaksono untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, pada Minggu (12/5/2024) malam.

“Hingga pukul 21.00 WIB, baru pasangan Asrilia Kurniati-Satria Wicaksono yang menyerahkan berkas pendaftaran, salah satunya syarat jumlah dukungan ke kantor KPU Kota Surabaya,” ujar Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi, Senin (13/5/2024), dilansir Antara.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dia mengatakan pendaftaran jalur perseorangan untuk pilkada setempat dilaksanakan mulai 8 -12 Mei 2024.

Setelah menerima berkas dukungan tersebut, kata dia, selanjutnya KPU Kota Surabaya melakukan verifikasi untuk mengetahui kesesuaian dengan jumlah yang dipersyaratkan.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tentang pemilihan gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota, menjadi undang-undang.

Dalam undang-undang tersebut, kata dia, dijelaskan bahwa bakal calon wali kota dan wakil kota jalur perseorangan di daerah dengan total daftar pemilih tetap (DPT) satu juta jiwa lebih itu dipersyaratkan mengantongi jumlah dukungan paling sedikit 6,5 persen.

Jumlah DPT di Kota Surabaya pada Pemilu 2024 sebesar 2.218.585 jiwa, sehingga pendaftar jalur perseorangan untuk pilkada setempat harus mengantongi minimal dukungan 144.209 orang.

“Kami masih melakukan proses sampai saat ini, nanti diberikan status apakah bisa dilanjutkan atau dikembalikan,” ujarnya.

Sementara itu, bakal calon Wali Kota Surabaya Asrilia Kurniati menyatakan sudah mempersiapkan visi-misi, dengan poin utama adalah membangun perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya dan Cak Satria punya kesamaan, kami ingin membangun ekonomi Kota Surabaya,” ucap Asrilia.

Selain itu, dia menyebut tim pemenangan pasangan Ning Lia sapaan Asrilia Kurniati dan Cak Satria sapaan Satria Wicaksono itu pun sudah dibentuk di 31 wilayah kecamatan se-Kota Surabaya.

“Kami belum dikenal masyarakat, tanpa partai. Insya Allah kami ada niatan dan ikhtiar baik maka Allah mendampingi kami,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya